Pages

Cara Mengatasi Sony Vaio vgn-Tz17GN Lemot dan Cepat Panas

Critanya nya nih ada temen dekat yang mengeluh ke ane karena lepinya lemot dan cepat sekali panas. akhirnya pas ada waktu luang ane sempatin untuk ketemuan ama dia sambil ngecek lepinya (ga pake cipika-cipiki lo sob...wkwkwkwk).
Yup...hari itupun tiba dibawalah tuh lepi. ane liat lumayan juga kalau tuh lepi dibuat mobile merknya Sony Vaio vgn-Tz17GN, bentuknya mungil dan terlihat kokoh.
Pas ane hidupin udah terasa ada yang aneh pada tuh lepi, baru hidup kurang lebih lima menit keyboard udah terasa anget ane coba jalanin satu aplikasi sambil buka2 folder ... sejurus kemudian udah terasa lemotnya dan suhunya keliatan makin tambah anget aja ...wkwkwkwk.
Langsung aja sob ya ke pointnya daripada bertele-tele, rinciannya sbb:

  1. Laptop Sony Vaio vgn-Tz17GN suhu meningkat pas dipakai lebih dari 5 menit.
  2. Ketika buka aplikasi terasa lambat.
  3. Cek Task manager Posisi idle minus aplikasi yang running. pemakaian processor 99% memory 65%
  4. Dugaan sementara Processor over heat.
Jadi dugaan sementara ane adalah tuh lepi processornya over heat sehingga dia lambat sekali dalam membuka dan menjalankan aplikasi, kemungkinan bisa karena heatsink fan nya kotor atau pasta processornya udah kering. untuk membuktikan kebenaran dugaan ane, akhirnya ane bongkar tuh lepi (demen banget nih kalau urusannya protol memprotoli ...hehehehe)
Dari gambar mainboard diatas yang ane kasih bulatan kuning itu adalah gambar processornya, terlihat jelas sekali kalau pastanya udah kering dan mengeras waktu ane priksa.
Tips dari ane kalau agan sedang mengalami hal seperti ini yang harus agan  lakukan adalah membersihkan bagian2 mainboard yang kotor dari debu dengan kuas terlebih lagi bagian fan processornya, setelah itu beri pasta pada processor dan rakit kembali lepinya.

Sekian Guys...semoga membantu. 
 

0 komentar:

Post a Comment